Windows 10 19H1 April Update Terbesar Pertama Pada 2019

Image Credit: BetaNews

Image Credit: BetaNews

Pekanbaru, 29 Maret 2019 – Pada tahun 2019 Windows 10 akan melakukan Update besar-besaran pada April nanti, yang didalamnya juga terdapat Update Windows 10 Oktober 2018. Keduanya update ini membawa beberapa fitur terbaru dan tentunya memperbaiki sejumlah Bug yang ada pada sebelumnya.

Perkembangan pengguna Windows 10 semakin meningkat yang kini sudah mencapai 800 Juta Pengguna Windows 10. Pada Update kali ini mungkin bisa disebut dengan Upgrade OS, karena update April ini tidak hanya menghadirkan sebuah Light Theme Sistem dan kemampuan untk menjeda update pada saat digunakan, melainkan adanya desas desus dimana Windows 10 Build yang terbaru nantinya dapat memainkan Game Xbox One tanpa console gamenya.

Update Tanggal Rilisnya

Microsoft memang belum memberikan bocoran kapan tepatnya, tetapi menurut tetangga sebelah karna Update Windows 10 pada bulan April 2018 tahun lalu yang rilis muncul pada tanggal 30 April. Lalu Karena pada keterlambatan Update bulan Oktober yang akhirnya rilis pada 13 November dan banyaknya terjadi kelemahan, microsoft tidak menggap 13 November itu bukanlah sebuah peluncuran update. Karna rentang waktu yang begitu lama saya rasa kali ini Microsoft benar-benar telah mempersiapkannya secara matang dan tidak akan telat untuk peluncuran update terbarunya.

Fitur terbaru yang pasti akan diterima

Light Theme

Image Credit: Microsoft
Image Credit: Microsoft

Seperti yang dikatan sebelumnya, Update kali ini akan terdapat Theme baru yaitu Light Theme yang lebih ringan dan cerah daripada yang sebelumnya kita gunakan.

Update ini bukan hanya sekedar Taskbar dan Star Menu yang lebih ringan, tapi juga pada icon baru yang telah dibuat agar lebih menyatu pada warnanya yang putih.

Start Menu Yang lebih Ringan

Image Credit: Microsoft
Image Credit: Microsoft

Untuk perubahan Start Menu ini Microsoft telah memberikan proses khusus tersendiri – StartMenuExperienceHost.exe yang sebelumnya Start Menu bekerja pada ShellExperienceHost.exe.

Percabangan ini membuat perubahan yang signifikan lebih ringan dan lancar daripada sebelumnya, dan juga responsive.

Cortana tidak lagi terintegrasi pada kotak pencarian

Image Credit: Microsoft
Image Credit: Microsoft

Di Pembaruan kali ini Cortana akan Di pisahkan dari kotak Pencarian atau Kotak Search pada taskbar.
Menurut saya melakukan pemisahan ini agar Cortana nantinya akan dapat menggunakan sebuah alghoritma pemprosesan, kenapa?

Selama ini Cortana hanya dapat mendengarkan perintah suara dan mengubahnya ke dalam bentuk pencarian, buka dan tutup aplikasi namun perkembangan pada Cortana selama ini yang terlihat hanya pada Recognationnya dan pada sensitifitas listeningnya.

Update Otomatis dapat dijeda.

Image Credit: Microsoft
Image Credit: Microsoft

Fitur kali ini tidak mengharuskan kamu mematikan update service lagi. Karena Microsoft memberikan pilihan rentang waktu jeda untuk melakukan pembaruan / update.

Tidak hanya itu saja, Microsoft menyediakan fitur System & Reserved. Dimana akan tersedia ruang sebesar 7GB pada Hard Drive kamu yang akan digunakan sebagai penyimpanan sementara. Fitur ini untuk pengunduhan Update nantinya lebih mudah tanpa mengkhawatirkan penuhnya media penyimpanan.

Windows SandBox

Jika anda selama ini takut untuk terserang Virus, Spyware ataupun Malware, microsoft kali ini memberikan fitur Sandbox. Dimana kamu dapat bereksperimen menginstall apapun yang kamu inginkan tanpa perlu rasa cemas dan was-was terserang virus.

Jadi Fitur terbaru apa aja sih yang kamu sukai pada Update Windows 19H1 kali ini ?

Baca Juga:

Share or follow and like us:
error0
Tweet 20

4 thoughts on “Windows 10 19H1 April Update Terbesar Pertama Pada 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *