Software Utility Anti Penasaran.

NetSpeedMonitor & Core Temp

NetSpeedMonitor & Core Temp

Pekanbaru, 2 Agustus 2019,- Kamu pernah ga sih? disaat menggunakan Laptop atau Komputer merasakan lag, kursor mousenya rada stuck gitu digerakin, atau lagi internetan tiba-tiba lemot banget, juga tiba-tiba nge-lag PING tinggi disaat bermain Game Online.

Nah kali ini aku bakalan kenalin 2 Software gratis yang powerfull banget bakalan menjawab semua kegelisahan diatas, yang sebagian besar terjadi pada user Windows 10.

1. NetSpeedMonitor

Yang pertama yaitu sebuah Software untuk memonitoring Network Interface pada kecepatan Download dan Upload di Komputer kamu. Software ini akan berada pada Toolbar Desktop jadi kamu ga perlu ribet hanya untuk mengetahui idle atau tidaknya koneksi internet kamu.

NetSpeedMonitor
NetSpeedMonitor

Contoh Casenya begini: Untuk kamu pengguna Windows 10 pasti sudah tidak asing lagi dengan Windows Update bukan. Disaat kamu sedang browsing atau streaming tiba-tiba buffer, kamu dapat melihat pada status Download atau Upload di Toolbar Desktop. Pada NetSpeedMonitor terlihat D: 1820.4kB/s dimana artinya D untuk Download dengan speed 1.800kbps atau 1.8mb dan untuk U itu untuk Uploadnya.

NetSpeedMonitor
NetSpeedMonitor

Nah sekarang kamu udah tau dong yah kenapa tiba-tiba koneksi kamu tiba-tiba kenapa lemot, kamu bisa tau hanya dengan melirik sedikit saja ke Toolbar Desktop kamu, lalu apa sih yang harus kamu lakukan ? Kamu bisa melihat segala proses aplikasi yang menggunakan koneksi jaringan melalui Task Manager > Tab Performance > Open Resource Monitor > Pilih Tab Network. Nah pada jendela Process with Network Activity kamu bisa menemukan Process apa saja yang menggunakan koneksi Download terbesar. Untuk menghentikannya kamu tinggal Klik kanan lalu Pilih End Process. Oke sip koneksi kamu kembali stabil dan lancar. 🤭

2. Core Temp

Software kedua ini mungkin lebih kepada memonitoring hardware kamu. tidak selamanya lag itu diakibatkan oleh Software atau virus, tapi bisa jadi Hardware kamu panas atau mungkin Load Processornya tinggi.

Core Temp
Core Temp

Contoh casenya: Pernah ga sih kamu sedang menggunakan komputer atau laptop tiba-tiba mati begitu saja? Dihidupkan kembali selang beberapa menit mati kembali. Itu bisa saja terjadi akibat Panas yang sudah diatas 80°C atau sudah mencapai 90°C. Jika Temperature Processor kamu panas, kamu bisa menambahkan Pasta pendigin processor dan mengganti kipas pendingin pada laptop kamu jika sudah tidak kuat perputarannya.

Core Temp
Core Temp

Case berikutnya kamu merasakan lemot yang begitu parah hingga mouse kamu tiba-tiba berteleportasi dari sudut ke sudut. Itu bisa saja diakibatkan karena Load Processornya mencapai 90% atau 100%. Jika permasalahan pada CPU Load Processor kamu selalu tinggi tetapi kamu tidak terlalu banyak buka aplikasi, itu bisa saja virus, malware atau semacamnya.

Pada Toolbar Core Temp akan memberitahukan berapa suhu saat ini pada Processor kamu, pada gambar diatas Suhu Processor saya mencapai 43°C jadi masih tergolong dingin. Dan yang berwarna biru untuk Load CPU mencapai 51% dimana saya lagi lumayan banyak buka aplikasi, jika tidak buka aplikasi apapun biasanya hanya 10% CPU Load Processing.

Dengan 2 Software ini kamu seharusnya tidak penasaran lagi dengan apa yang terjadi tiba-tiba pada Laptop atau Komputer. Jika kamu sudah mengerti Fungsi dan kegunaannya, berarti kamu sudah dapat menentukan keputusan apa yang akan kamu ambil jika terjadi sesuatu pada case yang saya contohkan diatas.

Habis baca panjang penasaran mau download dimana ya ? tenang saja, 2 Software ini gratis kok tidak berbayar dan juga banyak bertebaran di Google 🤭.

Baca Juga:

Share or follow and like us:
error0
Tweet 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *